Minggu, 15 Agustus 2010

Konsep SI & Teknik Pengumpulan Data

Pada Bab sebelumnya Konsep Dasar Sistem, informasi adalah Data yang telah diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan berarti bagi yang menerimanya
Kualitas dari sebuah informasi haruslah akurat, tepat waktu dan relevan.

Dalam organisasi informasi ini memiliki beberapa tipe informasi, yaitu :
  1. Tipe TOP - DOWN : tipe TOP -DOWN atau dari atas kebawah ini berarti bahwa informasi itu berasal dari atasan kepada bawahan dan bersifat terinci.

  2. Tipe DOWN - TOP : tipe DOWN - TOP atau dari bawah ke atas, berati bahwa informasi itu berasal dari bawahan kepada atasan dan bersifat tersaring. Artinya bahwa tidak semua informasi/ide dari bawahan akan langsung diterapkan tetapi melalui proses penyaringan, dicermati terlebih dulu apakah relevan atau tidak baru kemudian diambil keputusan untuk diterapkan atau tidak.
Sistem Informasi : suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan proses dengan laporan-laporan yang diperlukan.

Komponen sistem informasi menurut Stair (1992) :
  1. Hardware
  2. Software
  3. Database
  4. Telekomunikasi
  5. Manusia
Lebih detailnya silahkan download link dibawah ini :
Modul 3 Konsep SI & Teknik Pengumpulan Data

Tidak ada komentar:

Posting Komentar